LAMPUNG UTARA

Warga Terjangkit DBD Minta Fogging, Dinas Kesehatan Lampung Utara: Anggaran Tidak Ada

Cakra Lampung, Lampung Utara — Puluhan warga Kebon Empat lingkungan 3 RT 1 dan RT 2 Kelurahan Tanjung Senang, Kotabumi Selatan, Lampung Utara terjangkit demam berdarah dengue (DBD.

 

“Anak saya seminggu yang lalu terkena DBD. Namun Puskesmas setempat mau pun Dinas Kesehatan Lampung Utara hingga saat ini belum melakukan fogging,” kata Awak salah seorang warga Kebun 4, Minggu (7/4)

 

“Saya pernah mendatangi Puskemas setempat, Namun mereka mengatakan tidak ada anggaran untuk melakukan fogging,” tambahnya.

 

Kata dia, kalau untuk biaya fogging warga Kebun 4 tidak keberatan apa bila harus membayar Rp15- 20 ribu

 

“Saya tidak merasa keberatan,” ungkap Awak.

 

Ia menjelaskan, bukan cuma anak dan keluarganya saja yang terkena DBD, namun RT juga terkena, bahkan hampir 15 orang di wilayah Kebun Empat sudah kena.

 

“Saya berharap, Puskesmas setempat dan Dinas Kesehatan Lampung Utara dapat lakukan fogging,” ujarnya.

 

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Lampung Utara melalui Kabid P2P. Dian Mauli, menjelaskan anggaran untuk petugas dan BBM tidak ada.

 

“Anggaran untuk petugas dan BBM memang tidak ada, tapi insektisida sudah disiapkan. Laporkan secara tertulis, karena harus yang menyatakan DBD adalah dokter di rumah sakit,” jelasnya.

 

Ketika disinggung, ada berapa kasus pada tahun 2023 dan 2024, ia menjelaskan, ada 157 kasus pada tahun 2023, 2024 ada 669 kasus.

 

“Tahun 2023. Itu tidak yang sampai meninggal. Tahun 2024 ini itu sudah 2 korban yang meninggal,” jelas Mauli.

 

Ia mengimbau, kepada warga dan masyarakat setempat untuk selalu bersama sama pemberantasan sarang nyamuk, Dinas kesehatan Lampung Utara akan selalu upaya melakukan, Meningkatkan pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan upaya pencegahan & pengendalian DBD melalui Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) penular DBD melalui 3M plus, menguras/membersihkan t4 penampungan air, menutup penampungan air, dan mendaur ulang brang bekas yg punya potensi mjdi t4 perkembangbiakan nyamuk penular DBD plus menabur bubuk larvasida, menggunakan kelambu pada saat tidur, menghindari kebiasaan menggantung pakaian dalam rumah, menggunakan obat bakar nyamuk.(San)

What's your reaction?

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.