LAMPUNGTULANG BAWANG

Bawaslu Tuba Gelar Siaga Pengawasan Setahun Menuju Pemilu 2024

Tulang Bawang,(Cakra Lampung)-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tulangbawang (Tuba), menggelar siaga pengawasan satu tahun menuju Pemilu 2024 di Kantor Bawaslu setempat, Selasa (14/2).

Koordinator Divisi Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat Bawaslu Provinsi Lampung, Karno Ahmad Satarya mengatakan, apel ini langkah awal Bawaslu memastikan Pemilu 2024 berjalan dengan bersih jujur dan adil.

“Kita melihat bagaimana partisipasi masyarakat dalam mengedukasi dan menjaga nilai-nilai politik lokal,” kata Karno.

Karno mengatakan, apel siaga dilaksanakan oleh Bawaslu di seluruh Indonesia. Itu dilakukan sebagai kesiapan Bawaslu dalam mengawal proses demokrasi, sekaligus meresmikan hadirnya posko pengaduan tahapan pemilu dan meluncurkan aplikasi jarimu awasi pemilu.

Bawaslu sebagai struktur pemilu menurut Karno, tidak bisa mengawal semua tahapan pemilu. Karena dalam satu Desa hanya ada satu Pengawas Kelurahan/Desa (PKD). Sehingga dibutuhkan kerjasama semua pihak, agar semua tahapan pemilu bersih, jujur dan adil.

“Jika ada indikasi politik uang itu salah satu kejahatan yang harus diketahui masyarakat. Namun Bawaslu tetap memaksimalkan pencegahan, agar pemilu berjalan tidak berdasarkan politik uang, tapi sesuai dengan program visi misi kita,” imbuh Karno.

Ketua Bawaslu Tuba A.Rachmat Lihusni berharap semua proses pemilu dapat berjalan dengan baik. Sehingga apa yang diharapkan oleh masyarakat, terutama masyarakat Tuba pemilu bersih, jujur dan adil dapat terlaksana dengan baik.

“Kepada semua anggota Panwaslu baik tingkat Kecamatan maupun Kampung, agar dapat melaksanakan tugasnya sesuai dengan aturan serta penuh tanggungjawab,” tegas Rachmat.(rds)

What's your reaction?

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.