TULANG BAWANG

Purnabhakti ASN Tuba Jadi Refrensi Nasional.

Tulang Bawang,(Cakra Lampung)– Purnabhakti Aparatur Sipil Negara (ASN) disatuan kerja (Satker) Polisi Pamong Praja (Pol-PP) Kabupaten Tulangbawang menjadi sesuatu banget, sesuai judul tersebut memang membuat merinding dan terharu yang menontonnya, dimana upacara pelepasan salah satu ASN di Sai Bumi Nengah Nyappur ini berlangsung dengan khidmat.

Menurut keterangan Kepala Satuan (Kasat) Pol PP Tulangbawang Thuhir Alam bahwa dirinya tidak menyangka ternyata banyak yang mengapresiasi atas prosesi upacara Purnabhakti tersebut dan memang pengemasan yang dilakukan direncanakan dengan matang.

“Para rekan-rekan Eselon II juga banyak yang komentar positif, bahkan akan dijadikan refrensi. Termasuk juga di grup Satpol PP seluruh Indonesia, mereka sudah menanyakan tentang urutan acara,” terang Kasat Pol-PP Tulangbawang, Senin (13/02).

Adapun rangkaian upacara prosesi pelepasan masa purnabhakti Kepala Seksi Perlindungan Masyarakat Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Tulangbawang ini diantaranya dimulai dari Pemimpin Upacara memasuki Lapangan Upacara.

Kemudian Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Tulangbawang selaku Pembina Upacara memasuki Lapangan Upacara dan melakukan penghormatan pasukan kepada Pembina Upacara dipimpin oleh Pemimpin Upacara.

Selanjutnya laporan Pemimpin Upacara kepada Pembina Upacara dan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya oleh Korsik Gita Praja Wibawa, dilanjutkan dengan Mars Pol PP.

Lalu pembacaan Riwayat Hidup dan pembacaan Surat Keputusan Bupati Tulangbawang, dilanjutkan dengan prosesi Bendera Pataka, kemudian Kepala Seksi Linmas Satuan Polisi Pamong Praja menempatkan diri dan petugas Bendera Pataka menempatkan diri.

Diringi lagu Syukur dan Puisi. Disampaikan kepada Kasi Linmas untuk mengambil Bendera Pataka dengan kedua tangan, dan mencium bendera pataka sebagai tanda pengabdian terakhir memasuki masa Purna Bhakti Sebagai Aparatur Sipil Negara.

Setelah prosesi Bendera Pataka selesai, petugas Bendera Pataka kembali ketempat, dilanjutkan dengan pemberian cindramata oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Tulangbawang yang menyerahkan Cindramata didampingi Sekretaris Polisi Pamong Praja Kabupaten Tulangbawang.

Selanjutnya penyerahan cindera mata dari ruangan SDA dan Linmas kepada Kabid SDA dan Linmas didampingi Kasi SDA.

Setelah penyerahan cindera mata selesai, diminta ucapan kesan dan pesan oleh Kepala Seksi Linmas satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Tulangbawang (Pasukan Disitirahatkan).

Setelah itu Amanat Pembina Upacara dan pembacaan Do’a, diteruskan laporan Pemimpin Upacara kepada Pembina Upacara, lalu petugas Bendera Pataka meninggalkan Lapangan Upacara yang dilanjutkan dengan penghormatan Pasukan kepada Pembina Upacara dipimpin oleh Pemimpin Upacara.

Pembina upacara meninggalkan Lapangan Upacara, Pemimpin Upacara Kembali ketempat, pasukan diistirahatkan. Acara dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat dan foto bersama.

Prosesi pelepasan Kasi Linmas Satuan Pol PP Kabupaten Tulangbawang diiringi Trompet, dan Kasi Linmas menempatkan diri untuk diserahkan buket dan penghormatan (Jarmat Dalam) serta jalan menuju mobil (Diiringi lagu sampai jumpa). Naik mobil dan Penghormatan (Jarmat Diluar). (fay/mad)

What's your reaction?

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.