POLITIKTANGGAMUS

Nuzul Irsan Komitmen Jaga Amanah Membangun Tanggamus

MEMBANGUN Kabupaten Tanggamus dari berbagai sektor untuk mewujudkan kabupaten yang maju dan masyarakat yang sejahtera menjadi cita-cita Nuzul Irsan.

Hal inilah yang menjadi dasar baginya untuk terjun di dunia politik. Bagi pria kelahiran 5 November 1971 itu, yang kini duduk di kursi wakil rakyat Kabupaten Tanggamus dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut, menganggap bahwa dengan masuk ke dunia politik, dirinya dapat lebih leluasa memperjuangkan aspirasi masyarakat, terutama program pembangunan yang merakyat.

Terlebih, Kabupaten Tanggamus adalah tanah kelahirannya. Yakni, di Peko (desa) Rajabasa, Kecamatan Bandarnegeri Semong. Merupakan kewajibannya untuk ikutserta membangunan kabupaten berjuluk Begawi Jejama tersebut.

Untuk itu, komitmennya untuk menjaga amanah membangun kabupaten ini terus dipegang teguh. Apalagi kini dia duduk di kursi DPRD kabupaten yang ia cintai ini periode 2004-2024.

“Saya ingin kabupaten ini benar-benar maju di segala bidang pembangunannya. Sehingga nantinya berdampak pada kesejahteraan rakyat,” tegas Nuzul Irsan kepada Harian Cakra Lampung kemarin.

Saat ini, kata pria yang akrab disapa Odo Nuzul –banyak program-program pembangunan yang perlu dibenahi dan diperjuangkan. Seperti bidang ekonomi. Dimana, program pembangunan ekonomi yang dilakukan Pemkab Tanggamus selama ini fokus pada pengembangan usaha skala besar.

Nyatanya, pengembangan usaha skala besar tidak terlalu efektif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dampak investasi di perusahaan besar yang berdampak langsung ke masyarakat tidak memilik keahlian, sehingga tidak mengurangi penyerapan tenaga kerja.

“Itupun dengan jumlah dan klasifikasi pekerja unskilled yang terbatas (tenaga kasar). Yang saya maksudkan adalah mengembangkan perusahaan besar tidak begitu efektif, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” terang dia.

Sebab itu, kini sudah saatnya pemerintah lebih fokus pada kegiatan pengembangan usaha yang memperkuat masyarakat. “Salah satu caranya adalah dengan membuka akses ekonomi kerakyatan, seperti pengembangan sektor mikro dan UKM yang lebih mendalam,” jelas dia.

Dengan begitu, lewat pengembangan sektor mikro dan UKM dapat menarik dan melibatkan lebih banyak masyarakat secara langsung. Artinya, dapat menyerap tenaga kerja lebih banyak dan perekonomian masyarakat bisa ditingkatkan.

Foto Ist.
Anggota DPRD Tanggamus : Nuzul Irsan, SE

 

Kemudian, sektor perikanan. Tanggamus terkenal akan potensi perikanan. Baik pengembangan perikanan di laut maupun sungai hingga darat. Tanggamus memiliki laut atau daerah pesisir yang cukup luas. Namun potensi ini belum tergarap secara maksimal.

“potensi di laut dan sungai selain faktor alam, kita juga bisa mengembangkan pembudidaya perikanan seperti ikan, udang, kepiting atau lainnya. Dengan mengedepankan pelakunya nelayan atau masyarakat kecil. Sehingga dampak dapat dirasakan langsung oleh mereka (nelayan dan masyarakat kecil, red),” imbuh polisi asal PKB ini.

Lanjut politisi yang sempat berkiprah di Partai Partai Bintang Reformasi (PBR) dan PDI Perjuangan ini, sektor pertanian. Bidang ini menjadi salah satu tulang punggung perekonomian masyarakat di kabupaten ini. Karena itu, sudah sewajarnya sektor ini menjadi prioritas.

Dan menjadi program petani seperti pupuk dan air. Karena itu, program irigasi ataupun sumber air lainnya dapat dimaksimalkan sehingga program pertanian dapat berjalan dengan baik sesuai harapan para petani. “banyak potensinya seperti sawah (padi), coklat dan kopi. Apalagi kopi sudah terkenal, Tanggamus adalah penghasil kopi dengan kualitas yang bagus,” lanjutnya.

Lalu, potensi pariwisata. Kabupaten Tanggamus tidak diragukan lagi bahwa kabupaten ini memiliki potensi wisata dengan dengan keindahan yang menabjubkan. Sebut saja, Teluk Kiluan, Gigi Hiu, Air Terjun Way Lalaan. “Ini potensi besar jika dimaksimalkan. Karena dapat menambah PAD (Pendapatan Asli Daerah) serta pendapatan masyarakat,” ujar Odo Nuzul.

Nah, sektor-sektor tersebut harus didukung juga dengan infrastruktur yang baik. Seperti jalan dan jembatan. Dengan kondisi jalan dan jembatan yang baik, akses transportasi manjadi mudah. Mobilitas warga menjadi lancar.

“Jalan dan Jembatan sangat penting. Mobiltas warga bisa lancar, waktu dapat lebih singkat. Dan juga masyarakat yang ingin memasarkan hasil usaha dan pertanian dapat lebih mudah. Program-program inilah yang terus kita perjuangkan. Dan ini untuk masyarakat di Kabupaten Tanggamus,” pungkasnya.

Diketahui, Nuzul Irsan yang menduduki kursi anggota DPRD saat ini memasuki masa jabatan ke empat kali untuk periode 2004-2024.

Karier dunia politik Nuzuli di DPRD Kabupaten Tanggamus dimulai pada 2004 di Partai Partai Bintang Reformasi (PBR) kemudian beralih ke partai Perjuangan Demokrasi Indonesia. Ini pertama kalinya Nuzul menjabat sebagai Anggota DPR.

Kemudian kiprahnya di legislatif akan berlanjut pada periode lima tahun kedua 2019-2024, meski tidak sampai akhir.

Persoalan politik memaksa Nuzuli mundur dari keanggotaan wakil rakyat dan mengganti bendera partai.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga merupakan wahana kelanjutannya mengabdi dengan rakyat melalui kursi DPRD.

Pergantian partai tak mengurangi kepercayaan masyarakat terhadap Nuzuli. Kewibawaan secara totalitas selama menjabat di parlemen hanya memperkuat kepercayaan publik yang belum terpenuhi, untuk mengembalikan mandat kepada bapak empat anak itu.Pada pemilihan umum 2019, ia terpilih kembali untuk ketiga kalinya sebagai anggota DPRD Kabupaten Tanggamus.(*)

What's your reaction?

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.