DAERAHLAMPUNGLAMPUNG TENGAH

Bupati Musa Ahmad Mengikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Cakralampung.com – Bupati Lampung Tengah (Lamteng) Musa Ahmad mengikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2022 secara Virtual yang bertempat di Ruang BJW Nuwo Balak.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Forkopimda, Wakil Bupati, Sekda, Asisten, staf Ahli dan Kepala Perangkat Daerah.

Presiden Joko Widodo bertindak Sebagai Inspektur Upacara yang digelar di Kawasan Lubang Buaya Jakarta.

Ketua MPR Bambang Soesatyo membacakan teks Pancasila. Kemudian, dilanjutkan dengan pembacaan Pembukaan UUD 1945 oleh Ketua DPD RI Lanyalla Mattalitti.

Setelah itu, Ketua DPR Puan Maharani membacakan dan menandatangani naskah ikrar. Pada setiap tanggal 1 Oktober, bangsa Indonesia memperingati sebagai hari Kesaktian Pancasila, menyusul ditumbangkannya Gerakan 30 September (G30S) PKI. Pada 30 September 1965 telah terjadi penculikan serta pembunuhan kepada 7 Pahlawan Revolusi.

Sementara itu Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad saat di wawancarai awak media mengatakan,momentum Hari Kesaktian Pancasila diperingati untuk mengenang peristiwa kelam yang pernah terjadi di negeri ini dan dimaknai sebagai upaya memperkokoh peran Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa. Tidak bisa dimungkiri bahwa Pancasila memiliki peran strategis sebagai fondasi dasar sebuah negara.

“Kesaktian Pancasila memiliki makna sebagai usaha untuk membentengi peranan Pancasila sebagai dasar Negara serta sebagai ideologi bangsa. Serta Pancasila juga mempunyai peranan yang sangat penting sebagai dasar utama Negara Indonesia. Tak hanya itu, makna Kesaktian Pancasila pun juga dimaknai sebagai penghormatan”, ujarnya Musa Ahmad. (ans/rmn)

What's your reaction?

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.