INFO TERBARU

Tim Dosen Program Studi Pengelolaan Agribisnis Polinela Kembangkan Desain Kemasan Dan Pemasaran Produk Pangan Olahan Pada KWT

Cakralampung.com – Tim Dosen Program Studi Pengelolaan Agribisnis (Agribusiness Management), Poiteknik Negeri Lampung (Polinela) melakukan kegiatan Pengambdian Kepada Masyarakat (PkM).

Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk penyuluhan, pelatihan dan pendampingan dalam “ Pengembangan Desain Kemasan Dan Pemasaran Produk Pangan Olahan Pada Kelompok Wanita Tani (KWT) Harapan Jaya di Jl. Karya Bhakti RT. 08 Kelurahan Rajabasa Jaya, Kota Bandar Lampung.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Jum’at 15 Juli 2022 tersebut dihadiri oleh 20 orang ibu-ibu yang berasal dari Kelompok Wanita Tani (KWT) Harapan Jaya yang diketuai oleh Sugiyati.

Produk yang dihasilkan di KWT ini merupakan produk olahan pangan, seperti aneka keripik/makanan ringan dan minuman olahan dari kedelai, jahe dll.

Menurut Sugiyati, masalah yang dihadapi oleh KWT Harapan Jaya, merupakan desain kemasan yang masih sangat sederhana.

“Selain itu, pemasaran produk masih terbatas dan hanya di daerah sekitar Rajabasa, ” Imbuhnya.

Karena itu, Dosen Program Studi Pengelolaan Agribisnis, Politeknik Negeri Lampung melalui salah satu kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi melakukan kegiatan PKM.

Prodi Pengelolaan Agribisnis Polinela merasa memiliki peran dan tanggung jawab memberikan solusi atas masalah dan kendala yang dihadapi oleh KWT Harapan Jaya Kelurahan Rajabasa Kota Bandar Lampung.

“terutama untuk membantu mengembangkan desain kemasan yang tepat dan memperluas pemasaran produk olahan KWT,” Kata Ketuai PKM Edy Humaidi, S.P., M.Si.

Sehingga, sambung Edy, dapat meningkatkan penjualan produk di KWT tersebut yang akhirnya dapat meningkatkan pendapatan KWT, yang juga berdampak meningkatkan kesejahteraan anggota KWT Harapan Jaya.

Kegiatan PKM ini merupakan salah satu cara dosen Prodi Pengelolaan Agribisnis, untuk menerapkan hasil penelitian yang telah dikembangkan di kampus.

Dalam hal ini tim dosen Prodi Pengelolaan Agribisnis menyampaikan atribut-atribut apa saja yang harus ada dikemasan, berbagai macam jenis kemasan, dan pelatihan penggunaan peralatan packing, serta cara memperluas pasar melalui pemasaran online.

“KWT Harapan Jaya harus mampu mengembangkan desain kemasan yang baik dan tepat serta melengkapi atribut-atribut kemasan, dengan kemasan yang baik dan tepat dengan atribut yang lengkap, maka akan menarik perhatian konsumen yang nantinya meningkatkan penjualan, sehingga dapat mensejahterakan anggota KWT tersebut,” terang Edy Humaidi.

Lebih lanjut Edy pun menyampaikan, bahwa pengembangan desain kemasan merupakan suatu kewajiban produsen guna menarik perhatian konsumen.

Selain kemasan yang menarik, produsen juga harus memperhatikan kesesuaian kemasan dan atribut-atribut kemasan yang harus dilengkapi.

“Disini KWT sebagai produsen harus mampu mengembangkan desain kemasannya terutama setelah kita lakukan penyuluhan, pelatihan pendampingan, harapannya KWT Harapan jaya akan lebih, terampil dalam penggunaan peralatan packing, sehingaa dapat menciptakan kemasan yang menarik dan tepat guna, ” Terang dia.

Dalam kegiatan PKM ini tim dosen Polinela memberikan bantuan berupa peralatan packing yang terdiri dari Vacum Sealler (Kering & Basah), Vacum Sealler Mini/Portable, Hand Sealler 30 cm dan Bahan Praktik Minyak Goreng Kemasan yang akan digunakan dalam pengembangan desain kemasan produk olahan KWT Harapan Jaya.

Kegiatan pembinaan KWT Harapan Jaya ini masih terus berlanjut terutama dalam mendampingi KWT dalam penggunaan peralatan kemas (packing), serta pendampingan dalam memasarkan produk olahan tersebut.

Dengan adanya kegiatan PKM ini tim dosen Prodi Pengelolaan Agribisnis Polinela berharap para petani dapat mengatasi masalah yang mereka hadapi, terutama dalam hal pengembangan kemasaran mulai dari memilih jenis kemasan yang tepat, melengkapi atribut-atribut kemasan serta membuat kemasan yang menarik guna meningkatkan penjualan yang akhirnya meningkatkan kesejahteraan anggota KWT.

Diketahui, kegiatan PKM ini diketuai oleh Edy Humaidi, S.P., M.Si. dan tim dosen Program Studi Pengelolaan Agribisnis yaitu Ir. Bina Unteawati.,M.P, Muhammad Zaini, S.P.,M.Si dan Sudiyo, S.Si., M.A. (rls/asf)

What's your reaction?

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.