LAMPUNG BARAT

Pemkab Lambar Dan BPS Gelar Rakor Sensus Penduduk

Cakralampung.com – Pemkab Lambar dan Badan Pusat Statistik (BPS) gelar Rapat Koordinasi Sensus Penduduk tahun 2020, di Aula Hotel Sari Rasa Kecamatan Balik Bukit.

Diketahui tiga pekon di Lampung Barat terpilih menjadi Pekon (Desa) cantik di antaranya Pekon Pampangan Kecamatan Sekincau, Pekon Puralaksana Kecamatan Way Tenong, Pekon Sebarus Kecamatan Balik Bukit.

Wakil Bupati Lampung Barat Drs. Mad Hasnurin mengatakan, Desa Cantik merupakan program inisiatif yang mudah dan cepat di capai (Quick Wins), implementasi pembinaan statistik sektoral oleh Badan Puasat Statistik (BPS).

“BPS berfokus kepada desa melalui standarisasi pengelolaan data statistik untuk menjaga kualitas dan perbandingan data, optimalisasi penggunaan dan manfaat data statistik dalam pembangunan desa, serta meningkatkan kesadaran dan peran aktif perangkat desa dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik,” kata dia.

Lanjut Mad Hasnurin, Program Desa Cantik sudah dilaksanakan sejak tahun 2021, pada tahun 2021 terdapat 100 desa cantik yang menjadi target pembinaan statistik secara nasional.

“Tahun 2022 akan dilanjutkan program pembinaan desa cantik, statistik yang secara khusus bertujuan untuk meningkatkan kapasitas desa atau kelurahan dalam mengidentifikasi kebutuhan data dan potensi yang dimiliki desa dalam rangka mengentaskan kemiskinan,” jelas dia.

Kepala BPS Ir. Nasrullah Arsyad, berharap penyelenggaraan rakor ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh peserta dengan sebak-baiknya.

“Rapat Koordinasi Sensus Penduduk 2020 Lanjutan dan Pencanangan Desa Cantik Kabupaten Lampung Barat, bertujuan untuk menggali kembali data-data, jumlah, dan komposisi,” kata dia. (edi/bgs)

What's your reaction?

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.