DAERAHMETRO

Ribuan Tenaga Honorer di Metro Terancam Diberhentikan

METRO — Berdasarkan Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor B/185/M.SM.02.03/2022 tentang status kepegawaian di lingkungan instansi pemerintah pusat dan pemerintah daerah, sekitar 1800-an tenaga honorer di Kota Metro, Lampung terancam diberhentikan.

Dalam surat tersebut tertulis para pejabat pembina kepegawaian (PPK) menghapus jenis kepegawaian kecuali pegawai negeri sipil (PNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) di lingkungan instansi masing-masing.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Kota (Sekkot) Metro, Bangkit Haryo Utomo, mengaku hal tersebut merupakan persoalan tiap kabupaten di Indonesia.

Sebab menurutnya keputusan itu terlalu berat. Pada saat bersamaan juga, proses Pilkada di semua kabupaten dan kota baru mendata.

“Makanya ini sedang rapat di seluruh kabupaten kota,” katanya, Rabu (8/6/2022).

Bangkit menjelaskan saat ini sebagian besar instansi pemerintahan di seluruh Indonesia masih dibantu oleh THL.

“Contohnya petugas sampah, pasukan kuning itukan tenaga honorer, nah bagaimana kalau diberhentikan? siapa yang mengangkut sampah? siapa yang menyapu?” tanya dia.

Kini, pihaknya tengah menunggu keputusan pusat. Ia berharap ada pembahasan yang komprehensif.

“Karena kalau yang dipusat kan tidak tahu kondisinya seperti apa di bawah,” tukasnya.

Sementara, Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM), Sutikno, mengaku akan pelajari dulu intruksi tersebut sebelum mengambil langkah.

Ia menjelaskan untuk jumlah honorer di Kota Metro sekitar 1800-an.

“Karena untuk surat resmi sendiri kami belum menerima, kami baru mengetahui wacana saja,” ujarnya.

Kini pihaknya tengah melakukan penguatan pendataan, agar ketika suatu waktu dibutuhkan, pihaknya sudah memiliki informasi yang cukup.

“Pendataan meliputi jumlah dan nama yang masih aktif. Yang jelas jika itu sudah menjadi kebijakan pemerintah pusat, kita akan melaksanakan,” pungkasnya. (Rendi)

What's your reaction?

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.