Home DAERAH TULANG BAWANG BARAT Bunda PAUD Hj.Kornelia Umar Harapkan Quality Time Bangkitkan Semangat Guru

Bunda PAUD Hj.Kornelia Umar Harapkan Quality Time Bangkitkan Semangat Guru

10
0
SHARE

Cakralampung.com – Hj. Kornelia Umar, MH Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) berharap agar kegiatan Quality Time dapat membangkitkan semangat baru para guru yang ada di daerah yang berjulik Bumi ragemsai mangei wawai Tubaba.

Bunda Paud Ibu Hj. Kornelia Umar, MH menyampaikan hal itu, saat membuka kegiatan yang diadakan oleh guru Paud Tubaba, Rabu (11/5) di gedung Sesat Agung Bumigayo Ragemsai mangei wawai, Komplek Islamic Center Tubaba, Kelurahan Panaragan Jaya, Kecamatan Tulang bawang Tengah (TBT).

Semangat para guru Paud Tubaba selama ini, menurut Bunda Paud sempat menurun, sedih, bahkan cenderung pesimis menghadapi Pandemi Covid-19 yang tiada kunjung selesai endemi.

” Kegiatan Quality Time ini diharapkan menjadi momentum bagi para guru Paud untuk dapat kembali bersemangat dan mewujudkan pendidikan anak usia dini di Tubaba berkualitas,” harapnya.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa, pada masa pandemi Covid-19, kegiatan pembelajaran munggunakan sistem Belajar Dari Rumah (BDR), sehingga anak-anak lebih disibukkan dengan pembelajaran dengan sistem Daring yang berkutat dengan layar komputer atau smart phone.

” Kegiatan BDR ini tentu memiliki dampak kurang baik bagi anak-anak kita terutama terhadap tingkat kebugarannya. Selain kebugarannya, karakter anak cenderung berubah karena kurangnya interaksi sosial yang biasa dilakukan anak ketika beraktivitas di luar rumah. Sehingga, menimbulkan beberapa masalah yang ditemukan di lapangan akibat pandemic Covid-19,” ungkapnya.

Orang tua dan anak, pada masa Covid-19, kata dia, cenderung menghabiskan waktu di rumah, tanpa melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat menstimulasi aspek-aspek perkembangan anak.

Dampak terlalu banyak penggunaan smartphone tentu akan mempengaruhi emosional anak yang akan menjadi kecanduan penggunaan gadget secara terus menerus.

” Peran pendidik sebagai orang tua di sekolah, sangatlah penting guna mengarahkan anak didik pada kegiatan- kegiatan yang positif terutama yang dapat menstimulasi perkembangan fisik dan motorik siswa,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Tubaba, Budiman Jaya, S.STP., M.IP pada kegiatan tersebut, mengharapkan para guru Paud dapat berinovasi dalam memberikan ilmu kepada para murid. Terutama mengenai etika dan tata krama.

” Pendidikan karakter merupakan hal yang fundamental. Karena, anak-anak didik mulai dari tingkat Paud dan jenjang seterusnya merupakan penerus dan menjadi masa depan bangsa. Untuk itu, karakter yang baik, yang sejalan dengan konsep Nemen Nedes Nerimo (Nenemo) harus diperkuat lagi,” pungkasnya. (akb/snr/din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here