DAERAHKESEHATANTULANG BAWANG BARAT

Sejauh Ini Dinkes Nyatakan Tubaba Zona Hijau DBD

Cakralampung.com (Tulang Bawang) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tulang bawang Barat (Tubaba) menyatakan, sampai saat ini Kabupaten Tubaba dinyatakan sebagai zona hijau atau aman dari penyebaran wabah demam berdarah dangue (DBD). Dinkes Tubaba mengkonfirmasi belum ada kasus DBD yang berakibat kematian sepanjang bulan Januari tahun 2022.

Kepada Cakralampung.com, Kamis (27/1) Kepala Dinas Kesehatan Tubaba, Majril, M. Kes menjelaskan DBD merupakan penyakit musiman yang terjadi setiap pergantian musim pancaroba. Dinkes Tubaba menghimbau kepada warga masyarakat untuk waspada dan melakukan langkah-langkah antisipasi.

“Penyakit DBD di Tubaba setiap tahun ada, dan tahun ini ada lebih dari 30 kasus. Alhamdulillah belum ada yang mengakibatkan kematian,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakan Kadiskes Majril bahwa, untuk mengatasi penyebaran penyakit DBD, pihaknya memiliki anggaran di setiap Puskesmas dari BOP atau DAK non fisik dan menghimbau masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan serta berprilaku hidup sehat.

“Dana itu untuk membeli malation atau obat semprot sebagai antisipasi kalau mewabah dan untuk fogging,” ujarnya.

Kadiskes Majril menjelaskan, bahwa daerah rawan penyakit DBD di Kabupaten Tubaba adalah daerah yang berada di Kecamatan Tulangbawang Tengah (TBT) dan daerah lain terutama di daerah aliran sungai (DAS) Waykiri. (SNR)

What's your reaction?

Related Posts

Load More Posts Loading...No More Posts.