Home DAERAH Tiyuh Pulung Kencana Akan Wakili Provinsi Lampung Pada Lomba Desa Inovatif Tingkat...

Tiyuh Pulung Kencana Akan Wakili Provinsi Lampung Pada Lomba Desa Inovatif Tingkat Nasional

13
0
SHARE

Hariancakra.co.id (Tulangbawang Barat) – Setelah sebelumnya memenangkan lomba Desa tingkat Provinsi Lampung, Tiyuh (Desa) Pulung Kencana, Kecamatan Tulang bawang Tengah (TBT), Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), menjadi duta perwakilan Provinsi Lampung mengikuti lomba Desa Inovatif tingkat nasional tahun 2021.

Lomba Desa inovatif tersebut saat ini masih tertunda karna Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dalam rangka pencegahan penyebaran wabah COVID-19.

Kepada Hariancakra.co.id, Rabu (4/8) Kepala Tiyuh Pulung Kencana Hendarwan, S.E. mengatakan, penilaian lomba Desa Inovatif tingkat nasional tersebut, meliputi penilaian pada tiga kategori yaitu, bidang Pemerintahan, Kewilayahan, dan Kemasyarakatan. Sementara yang diutamakan dalam rangkaian perlombaan tersebut adalah Desa yang memiliki inovasi di segala bidang.

“Kita ambil dari tiga kategori ini masing-masing seperti contohnya kita meningkatkan produktivitas hasil pertanian bersama kelompok tani, untuk memberantas hama tikus yang merusak hasil tani dengan cara melakukan teknik burung hantu,” terang Kepalo Tiyuh Hendarwan.

Selain di bidang pertanian, lanjut Hendarwan, pihaknya saat ini juga memiliki bank sampah, yang mana bank sampah ini diperuntukkan kembali untuk kepentingan masyarakat. Hal ini kita lakukan guna menanggulangi limbah sampah plastik.

“Setelah kita kumpulkan, sampah-sampah organik atau Non organik dari masyarakat, maka untuk hasilnya sendiri kita gunakan untuk membayar kan BPJS Kesehatan bagi masyarakat Tiyuh Pulung Kencana yang kurang mampu,” jelasnya.

Diketahui Tiyuh Pulung Kencana menjadi salah satu Desa yang ditetapkan sebagai Pilot Project Smart Village Provinsi Lampung tahun 2020, yang merupakan bentuk sinergitas dan integrasi program pembangunan Provinsi Lampung dan Kabupaten/Kota dengan mengedepankan pemberdayaan masyarakat Desa sebagai salah satu ujung tombak pembangunan di daerah.

“Saat ini kami Pemerintah Tiyuh sendiri telah menyiapkan pelayanan secara online atau pun offline bagi masyarakat yang akan mengurus segala berkas dan mengantarkan keluhan terkait bantuan. Dengan cara menempelkan e-KTP nya pada mesin yang sudah kita sediakan sehingga nantinya akan muncul segala profil pengguna KTP itu sendiri,” pungkasnya. (AKB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here